Sunday, April 12, 2009

Diposkan oleh Dhimas HR Pada 7:08 PM
IKLAN
Menurut undang – undang penyiaran maupun P3 SPS Iklan yang boleh disiarkan di dalam radio komunitas adalah iklan layanan masyarakat / ILM Bukan iklan niaga. Menurut pengalaman untuk mampu menghidupi radio komunitas dengan iklan layanan masyarakat hanya di perlukan kreatifitas, kerjasama antar tim, dan pantang menyerah merupakan ujung tombak dari keberhasilan sebuah radio komunitas, bukan sekedar memancing iklan niaga. Sebaiknya dihindari karena meski tampaknya sama – sama kreatif tetapi alangkah lebih baik jika kita gali potensi SDM – SDM yang sudah terlibat untuk mencari ide – ide kreatif.

GOE Enterprise
Berbicara mengenai Event Organizer / EO, adalah sah – sah saja ketika radio memiliki management dampingan untuk mengelola program Off Air dengan melibatkan atau membuat EO sendiri. EO dapat terbentuk manakala radio memiliki divisi kreatif yang pada prinsipnya menginduk pada management radio sehingga semua bentuk pertanggungjawabannya jelas dan aman.

Pertanyaannya, dari berkas lembaran yang disodorkan ada lembaran tentang GOE Enterprise lalu apa hubungannya dan bagaimana management Fee nya ?

BERITA SUARA PUBLIKA
Berita yang cukup menarik untuk disimak memang. Apalagi bagi insan media, sayangnya berita itu tidak uptodate dan rasanya pengalaman kawan – kawan televisi yang diberitakan tersebut berbeda jauh dengan pengalaman kawan – kawan radio komunitas yang jarang sekali ditutup / di bredel. Pertanyaanya adalah kapan berita itu di tulis dan rasany kok terlalu bodoh pengirimnya ( Mohammad Riyadi ) jika masih bertanya tentang lembaga penyiaran apalagi untuk tingkat daerah padahal KPID sudah lama terbentuk. Lagipula berita mengenai tutupnya beberapa TV di Malang bukan karena tidak berijin tetapi karena memang kanalnya habis.

TARGET PENJUALAN
Muncul satu pertanyaan tentang apa yang sudah di tuliskan di sini, target yang di maksudkan masih berbentuk perdiksi penjualan atau factual penjualan ?. Sungguh….ini merupakan angka – angka yang fantastis dan spektakuler dalam sejarah keuangan radio komunitas di Indonesia. ni Revolusi namanya jika benar – benar realisasi dan perlu rasanya saya secara pribadi mengundang kawan – kawan anggota Jaringan yang di Jawa Timur – Jawa Tengah atau bahkan yang di Sulawesi untuk belajar system yang demikian hebatnya sehingga mampu menghasilkan pemasukan yang “Luar Biasa”. Tapi …lazimnya keuangan radio komunitas di buat perbulan dengan di jabarkan per itemnya karena akan lebih lugas, sederhana tetapi penuh tanggungjawab.
Bersambung.....

0 komentar:

Post a Comment

 

Mengangkat Musik & Budaya Indonesia Copyright © 2010 Designed by Dhimas HR Blogger Pekalongan Sponsored by Pissces Of 17 Band - Cikarang